SEKILAS INFO
: - Jumat, 06-09-2024
  • 8 bulan yang lalu / Selamat Datang di Website resmi SMK Negeri 1 Brebes
Lompatan Besar Processor Intel

Processor adalah dapat diartikan sebagai otak komputer, processor sering disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit) adalah suatu chip yang berupa IC (Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan  intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

 

Intel sudah mulai mengisi industri teknologi prosesor sejak tahun 1971 dan masih eksis hingga saat ini.Prosesor Intel merupakan jenis prosesor Komputer atau Laptop yang paling terkenal dan laris di pasaran. Intel mengembangkan prosesor pertama kali pada tahun 1971 yang bernama Intel 4004. Jenis prosesor ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Prosesor ini adalah prosesor pertama dimana orang-orang menyebutnya dengan Microprocessor karena ukurannya yang kecil. Kaki jenis prosesor Intel ini terbuat dari unsur logam dan campuran emas. Intel 4004 mempunyai kecepatan hanya 108-740 KHz, tipe 4-bit, single core, jumlah transistor 2.300 unit.

Seiring berjalannya waktu, processor Intel berkembang pesat. Pada tahun 2021 ini  telah mengembangkan processor Intel Core Generasi ke-11 yang memiliki 3 seri, yaitu Intel Core Generasi ke-11 dengan vPro untuk bisnis, Intel Core Generasi ke-11 seri H untuk laptop serta 2 in 1 yang lebih bertenaga, dan Intel Core Generasi ke-11 seri S untuk desktop. Berdasarkan arsitektur inti dan grafis baru yang transformatif, processor laptop dan desktop Intel Core generasi ke-11 dirancang untuk memungkinkan lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mudah. Akselerasi yang didukung AI, grafis Intel X, serta konektivitas nirkabel dan berkabel terbaik dikelasnya.

Platform Intel vPro terkini yang memanfaatkan Intel Core Generasi ke-11 menambahkan pula fitur baru. Salah satunya adalah Intel CET (Control-Flow Enforcement Technology). Dengan Intel CET, platform Intel vPro terbaru bisa memberikan perlindungan secara peranti keras terhadap berbagai serangan Cyber. Intel Core Generasi ke-11 hadir dengan 4 core dan 8 thread. Intel Core Generasi ke-11 seri H35 mengandalkan clock yang lebih tinggi dalam memberikan kinerja yang lebih baik. Clock yang lebih tinggi berkat TDP yang lebih tinggi. Intel Core i7-11375H memiliki base frequency sebesar 3,3 GHz dan maximum turbo sebesar 5 GHz.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024